Pages

Minggu, 30 Oktober 2011

Pembangunan Puskesdes Desa Taman Sari Terbengkalai


GEDONGTATAAN,HE-Pembangunan Gedung ,Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) di Dusun Sumbersari III Desa Taman Sari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran disinyalir terbengkalai. Hal itu terlihat dari pengerjaan fisik bangunan dimana pondasi bagian belakang tidak dilakukan peggalian. Selain itu, rekanan tidak memasang plang proyek.

Menurut Hj warga setempat mengatakan,pembangunan puskesdes yang terletak di desanya tersebut mulai dibangun pada ahir juli 2011 lalu yang pembangunanya dilakukan diatas tanah seluas 20mx20m dari hibah warga setempat.”Sayangnya hingga saat ini pembangunan belum juga terselesaikan meskipun sudah habis masa waktu pengerjaannya yakni tiga bulan terhitung dari akhir Julisampai akhir oktober ini,” ungkap Hj, Minggu (30/10).

Pengerjaan bangunan puskesdes tersebut selain terbengkalai juga dikerjakan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada,hal ini terlihat dari pemasangan batu pondasi tidak dilakukan penggalian melainkan hanya disusun saja ,sedangkan untuk adukan semen dan pasir itu tidak mengikuti ukuran standar bangunan .

“Kalau pembangunan nya seperti ini,kami sebagai masyarakat sangat kecewa,selain pembangunanya tidak sesuai dengan mekanisme ,juga tidak adanya keterbukaan terkait masalah dana hal ini terlihat dari awal pengerjaan hingga saat ini tidak ada secuil pun asal sumber informasi yang terpasang di bangunan tersebut”Sesalnya.

Untuk itu,menurutnya,terkait dengan pembangunan gedung Puskesdes tersebut,Pihaknya mengharapkan kepada Pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk segera turun kelokasi pembanguna guna melakukan peninjaun ,serta memanggil pihak rekanan agar dapat diberikan sangsi tegas terkait pekerjannya tersebut.

“Untuk permasalahan ini ,saya sudah coba tegur kepihak pekerja ,namun tidak ada jawaban,terkesan seolah-olah sengaja menutup-nutupi,dikawatirkan bila pembangunan Puskesdes dibangun asal jadi,dampak kedepannya bangunan ini tidak akan berumur lama”Keluhnya.

Sementara itu,Kades Taman Sari ,Hendri Dunan,terkait pembangunan Puskesdes di desa nya tersebutMenjelaskan ,dari awal pelaksanaan hingga saat ini dirinya selaku Kades tidak pernah dilibatkan,yang lebih parahnya lagi disaat pelaksanaan dari pihak rekanan yang mengerjakannya itu tidak pernah memberitahu kalau di desanya tersebut telah dibangun Puskesdes

“saya selaku kades ,sudah berupaya menegur dengan datang kelokasi pekerjaan,namun pada kenyataannya dari pihak rekanannya sendiri tidak pernah berda ditempat,saya selaku kades berhak melakukan pengawasan,dimana untuk pembangunan Puskerdes ini saya berharap cepat terselesaikan agar manfaatnya segera dapat dirasakan oleh masyarakat ”Harapnya.

Sedangkan,Kadis Kesehatan Pesawaran ,Dr,Endang ,dan Khairul Nasution selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk pekerjaan pembangunan Puskesdes tersebut,saat hendak dikonfirmasi tidak berda ditempat ,bahkan saat dihubingi via ponselnya dalam keadaan tidak aktif.(HE-Fah)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews