Pages

Senin, 31 Oktober 2011

Keberadaan Damkar Belum Maksimal

KOTABUMI,HE-Selama ini, keberadaan dua unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) ternyata masih belum mampu secara maksimal untuk mengatasi terjadinya berbagai bencana social khususnya bencana kebakaran yang kerap terjadi pertokoan, rumah dan lain-lainnya.
Atas dasar hal tersebut itulah, Bupati Zainal Abidin selaku pimpinan tertinggi di Lampura, menganggarkan satu unit Damkar. Menurut Bupati, Pemkab Lampura pada tahun 2011 telah membeli mobil damkar dengan ukuran small (kecil,red), agar dapat menjangkau lokasi yang sangat sempit, sehingga, mobil ini dapat masuk di dalam jalan-jalan yang sempit.
“ Kabupaten kita saat ini telah mempunyai 3 unit damkar, 1 unit damkar berukuran besar. Karena itu kita membeli yang kecil tahun ini dan 1 unit lagi hibah dari pemerintah jepang,”imbuhnya usai memeriksa kondisi kendaraan yang telah dilakukan uji laksana oleh anggota pemadam kebakaran di halaman pemkab belum lama ini.

Bupati melanjutkan, jika pembelian mobil damkar ini, dikarenakan, mobil damkar yang hibah dari jepang, sudah memasuki masa ketuaan, bayangkan, hampir puluhan tahun Pemkab telah menggunakannya. Artinya, cara kerja mobil ini tidak efisien dan kurang canggih.“ Namanya saja barang tua tentunya sudah tidak bagus lagi. Kita harus mempunyai damkar yang baru, biar kinerja petugas pemadam kebakaran lebih efektif dan cepat mengatasi terjadinya bencana ditengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Selain mengkhususkan untuk mengatasi kebakaran, kata Zainal, mobil ini dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan social. ” Seperti pengiriman air bersih ke daerah yang kekurangan air,” tukasnya. (HE-Anton)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews